Cara Membuat Brand Kaos Anak Dilirik Pembeli

Saat ini sangatlah mudah untuk menemukan brand clothing line di mana saja. Yap, ini adalah tantangan utama bagi yang ingin fokus dalam bidang fashion. Meskipun sudah memilih target pasar secara spesifik sepertu kaos anak, kita harus cermat dalam membuat brand kaos anak yang tepat. Pemilihan nama sangat berpengaruh lho terhadap suksesnya bisnis anda dikemudian hari. Kita bisa melihat banyak contoh brand yang sudah terkenal, pastinya mereka memiliki pemikiran tersendiri untuk menciptakan nama tersebut. Namun perlu diingat bahwa mendapatkan nama brand yang dilirik pembeli memerlukan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, lakukan beberapa cara seperti berikut.

Memiliki Identitas yang Jelas

Sebagai cerminan dari bisnis yang kita jalankan, identitas pastinya harus jelas. Apabila kita sudah berniat untuk membuat brand kaos anak, kita harus tahu apa saja yang relevan dengan tujuan kita. Tak perlu menggunakan jasa dari team marketing yang mahal kok. Anda bisa membuatnya sendiri dengan syarat memperhatikan beberapa aspek berikut.

  1. Menentukan Variasi Nama Brand Kaos Anak

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah belajar mengenai variasi nama brand. Ada beberapa pilihan yang bisa anda tentukan sendiri berdasarkan beberapa kriteria. Entah itu nama akronim, nama deskirptif atau nama yang kreatif. Ketiga nya pastinya memiliki maksud yang berbeda.

*Nama Akronim: Menggunakan singkatan dari nama perusahaan.

*Nama Deskriptif: Menjelaskan produk yang anda jual.

*Nama Kreatif: Muncul dari ide anda sendiri dan tidak berhubungan dengan produk.

  1. Ear Catching dan Mudah Diingat

Selain variasi nama, hal yang membuat brand kaos anak dilirik pembeli adalah nama yang ear catching dan mudah diingat. Ini sangat bermanfaat untuk mempermudah mereka dalam mengenali brand anda. Jangan membuat nama yang terlalu rumit dan panjang. Gunakan paling maksimal tiga suku kata agar jelas dan mudah dilafalkan.

  1. Check Duplikasi Nama Brand Melalui Internet

Belum selesai sampai disitu, anda masih perlu untuk mengecheck duplikasi nama. Seperti yang kita ketahui, bukan hanya kita saja yang memiliki bisnis di bidang yang sama. Oleh karena itu, check nama brand anda melalui mesin pencari. Tidak ingin kan jika suatu saat tiba-tiba ada yang mengklaim nama brand anda? Bisa saja ada nama yang sudah dipatenkan lho. Jadi, sebelum memilih nama, kita harus benar-benar berhati-hati mengenai hal ini.

Menentukan Logo yang Menarik

Logo juga sama pentingnya dengan nama brand kaos anak. Untuk bersaing dengan kompetitor yang jumlahnya bukan main-main, kita perlu untuk membuatnya menarik. Apabila anda tidak memiliki basic atau skil dalam membuat logo, anda bisa mempercayakannya kepada yang lebih mengerti. Jangan sampai asal membuat saja ya karena pembeli sangat jeli akan segala hal termasuk logo dari suatu perusahaan.

  1. Merepresentasikan Bisnis yang Anda Fokuskan

Sama hal nya dengan nama brand, logo juga harus merepresentasikan bisnis/ perusahaan. Entah itu bisnis baju anak online atau offline. Anda harus menyiratkan pesan yang kuat mengenai bisnis apa yang anda fokuskan. Apabila target anda adalah pakaian anak-anak, tentunya harus dengan usia mereka ya. Jangan membuatnya lebih dewasa karena akan kurang singkron.

  1. Memperhatikan Desain

Masih berhubungan dengan representasi bisnis, kita juga perlu memperhatikan desain logo. Jangan terlalu memperlihatkan bahwa jika anda memiliki skil mumpuni dengan membuat logo yang rumit. Yap ini boleh saja dilakukan. Namun apakah rancangan anda tersebut efektif? Lebih baik membuatnya simpel namun tepat sasaran. Sesuatu yang minimalis juga bisa lebih disukai lho daripada yang terlalu rumit.

Kualitas Bahan yang Digunakan

Pemilik bisnis harus tahu tentang kualitas bahan yang digunakan untuk produk kaos anak. Tidak menyerap keringat dan anti bakteri menjadi concern anda.

  1. Cari Bahan yang Tepat

Carilah bahan yang cocok untuk kebutuhan ini seperti katun bambu. Memberikan bahan yang berkualitas tentunya menjadi investasi bernilai untuk brand kaos anak anda. Ini juga bisa menjadi keunggulan brand anda dibandingkan dengan brand lainnya diluar sana. Jadi, pikirkan matang-matang tentang kualitas dari bahan yang digunakan.

  1. Sertifikasi Keamanan Produk

Seperti yang kita ketahui, para orang tua zaman now sangat teliti jika berbicara tentang produk untuk buah hati mereka. Keamanan sangat penting untuk dipikirkan dalam bisnis pakaian anak. Oleh karena itu, anda perlu untuk mengurus SNI (Standar Nasional Indonesia). Sertifikasi keamanan produk ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan para pembeli.

Pemberian Tag Label Produk

Untuk menciptakan reputasi yang baik bagi brand, kita harus memikirkan tentang tag label produk. Meskipun tidak langsung terlihat jelas ketika anak sedang mengenakan kaos, tetapi label termasuk strategi untuk branding. Buatlah label yang benar dengan memperhatikan beberapa aspek ini.

  1. Perhatikan Tipografinya

Mengetahui tata cara penggunaan huruf atau tipografi dapat menunjang tampilan produk band kaos anak. Warna dan tingkat keterbacaan dari label harus dibuat secara optimal. Jangan sampai menggunakan warna label yang sama dengan kaos ya karena ini tidak tepat. Apalagi jika font yang anda gunakan terlalu rumit, ditambah lagi dengan ukuran font yang terlalu kecil. Aspek-aspek seperti ini benar-benar tidak boleh diabaikan karena menyangkut tentang keindahan juga. Untuk langkah pertama, lebih baik temukan jenis huruf dan warna yang tepat dan sesuai dengan bisnis anda terlebih dahulu.

  1. Bahan untuk Tag Lebel yang Nyaman

Tak kalah pentingnya, bahan yang digunakan untuk label juga harus nyaman. Apalagi pasar produk anda adalah balita dan anak kecil. Kita harus cermat lagi untuk mengetahui bahan mana yang tidak menimbulkan alergi pada kulit anak, apakah itu woven, satin, maupun nylon. Diantara tiga ini, woven dan satin merupakan pilihan yang cocok untuk pakaian anak karena memiliki permukaan yang halus dan lembut.

Berani untuk Tidak Monoton

Apabila anda sudah mengikuti beberapa langkah-langkah diatas, masih ada PR yang harus dikerjakan. Yup, memiliki brand kaos anak di zaman sekarang harus berani untuk tidak monoton. Inilah cara bagaimana anda bisa survive di dunia bisnis pakaian anak.

  1. Pilihan Warna yang Banyak

Pemilihan warna dari produk pakaian anak juga mempengaruhi pembelian. Di usia mereka yang sangat ceria, dukung penampilan mereka dengan pakaian yang bewarna warni. Menurut penulis buku “How Not to Wear Black” Jules Standish yang dikutip dari Daily Mail, aneka ragam warna menimbulkan efek psikologis yang kuat. Apabila anda memberikan pakaian yang berbeda warna, ini tentunya akan merangsang otak untuk mengeluarkan hormone-hormon tertentu yang memberi efek bahagia. Meskipun terkesan sederhana, tetapi nyata nya ini sangat penting untuk diperhatikan.

  1. Keluarkan Desain Kaos Limited

Nah, masih ada trik lain nih yang menghindarkan bisnis anda dari kesan monoton. Mengeluarkan desain kaos limited menjadi strategi yang bisa anda coba. Tawarkan produk limited ini setiap bulan atau beberapa bulan tergantung dari strategi marketing anda. Namun pastikan jika desain yang anda buat benar-benar bisa dilirik oleh para pembeli yang hampir semuanya orang tua.

Memberikan suatu nilai kepada brand kaos anak yang perlu dilakukan oleh pemilik bisnis. Meskipun sulit pada awalnya, anda bisa mengaplikasikannya step by step. Semoga guideline diatas dapat membantu anda yang ingin memulai bisnis pakaian anak.