Strategi Pemasaran Baju Anak yang Efektif

Aktifitas pemasaran sangat berguna untuk semua bisnis termasuk penjualan baju anak. Sebagai pemilik bisnis tentunya anda harus tahu bagaimana mengembangkannya. Strategi pemasaran baju anak harus and pikirkan secara optimal apakah efektif atau tidak. Meskipun sulit pada awalnya, anda masih bisa belajar untuk mendapatkan kesuksesan. Namun perlu diingat bahwa pemasaran ini tidak langsung mendapatkan hasil secara instan ya. Anda harus tetap sabar serta konsisten untuk menjalankan setiap langkah dibawah ini.

Konsep yang Menarik

Konsep menjadi hal utama yang akan menjelaskan tentang produk anda secara keseluruhan. Karena target yang ingin disasar adalah baju anak, sangat perlu untuk membuat konsep yang menarik. Pastinya ini tidak mudah karena anda harus brainstorming dengan team anda untuk menentukan mana yang sesuai dengan perusahaan anda.

  1. Produk yang Sesuai dengan Karakter Anak

Pada saat melakukan brainstorming, pastikan bahwa aspek kids friendly masuk ke dalam list. Yang dimaksud dengan kids friendly adalah produk yang anda tawarkan memang cocok dan sesuai dengan karakter anak. Fokuslah ke aspek ini terlebih dahulu supaya identitas brand baju anak juga jelas.

  1. Desain yang Mumpuni

Menciptakan desain yang mumpuni adalah langkah selanjutnya dalam strategi pemasaran baju anak. Sesuai dengan target anak-anak, buatlah desain yang menggemaskan. Ini jelas sangat berbeda dengan desain untuk baju orang dewasa. Cari tahu tentang desain-desain dari baju yang akan cocok ketika dikenakan oleh anak-anak. Hal ini juga ada hubungannya dengan pemilihan warna dan sablon untuk produk anda.

Mutu dari Produk

Konsep yang menarik harus dibarengi dengan produk yang bermutu. Ini juga merupakan strategi yang mempengaruhi pemasaran bisnis anda. Susah payah menjalankan cara yang tidak mudah akan sia-sia apabila produk yang ditawarkan kurang bermutu.

  1. Bahan yang Aman

Keamanan sangat menunjang strategi pemasaran baju anak. Apabila orang sudah familiar dengan produk anda yang aman, mereka tidak segan untuk kembali lagi. Oleh karena itu, selalu pilih bahan yang aman untuk baju anak seperti katun bambu.

  1. Bahan yang Awet

Tak hanya suka dengan bahan yang aman, pembeli juga memperhatikan keawetan dari produk anda. Banyak hal yang harus anda perhatikan dari produk pakaian anak termasuk jahitan dan warna yang mudah pudar atau tidak. Temukanlah bahan yang aman sekaligus awet untuk pakaian yang berkualitas.

  1. Memperbagus Pengemasan

Selain memilih bahan pakaian yang aman, kita juga harus memikirkan nilai tambah. Penampilan produk yang menarik masih terasa kurang tanpa memperbagus pengemasan. Proses pengepakan sekaligus pengemasan juga mempengaruhi kesan pembeli lho. Anda bisa memberikan kemasan khusus bukan sekedar kardus atau plastik biasa. Bicarakan pada tim anda yang menangani desain untuk menciptakan kemasan khas dari perusahaan anda.

Menawarkan Harga yang Bersaing

Persaingan bisnis yang ketat sangat lah wajar apalagi di bidang fashion. Pakaian tak hanya dianggap sebagai penutup badan saja, namun menjadi bagian dari gaya hidup yang tampilannya sangat diperhatikan. Tidak heran jika banyak sekali brand dengan ciri khas mereka masing-masing. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi anda yang baru memulai bisnis pakaian anak. Nah, menawarkan harga yang bersaing menjadi strategi pemasaran baju anak untuk membuat pembeli melirik produk anda. Timbang-timbang lagi apakah harga yang anda tawarkan sesuai dengan produk. Namun apabila anda ingin memasang harga yang lumayan tinggi, pastikan jika produk anda benar-benar memiliki nilai lebih.

Kampanye Sosial Media atau Blog

Sosial media kini bukan hanya menjadi media untuk mendapatkan hiburan saja. Ada bidang lain yang juga sangat terbantu dengan keberadaan sosial media seperti bisnis dan edukasi. Bagi anda pemilik bisnis pakaian anak, mulailah aktif di sosial media. Ini sangat menunjang untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan toko.

  1. Memberikan Konten yang Informatif

Bangunlah reputasi dari brand anda melalui konten yang informatif. Entah itu di Instagram, Facebook, ataupun Twitter, buatlah tulisan yang tak terkesan sangat promosi. Selipkan konten bermanfaat tentang apapun yang berhubungan dengan produk anda. Ini membuat brand anda lebih dihargai lagi karena konten yang informatif. Selain posting konten di feed, anda juga bisa posting di insta story.

Strategi ini juga bisa anda lakukan menggunakan media blog. Anda bisa membuat konten-konten yang sangat informatif tentang pakaian anak. Namun anda harus membuatnya maksimal menggunakan strategi SEO. Ini akan membantu brand anda untuk tampil di mesin pencari bahkan di halam pertama. Anda bisa merekrut orang yang memang kompeten di bidang ini. Tapi anda juga bisa melakukannya sendiri dengan mempelajari dasar-dasar dari Search Engine Optimization ini.

  1. Membuat Kontes dengan Tujuan Promosi

Selain konten, anda juga bisa membuat kontes sebagai strategi pemasaran baju anak. Kontes foto anak adalah salah satu contoh yang berhubungan dengan bisnis ini. Ini sangat tepat untuk membangun hubungan dengan para pelanggan anda. Apalagi jika anda telah memiliki pelanggan yang lumayan banyak. Buatlah kontes foto anak yang menggunakan produk pakaian anda. Dengan cara ini, reputasi dari brand juga akan terangkat. Mungkin tidak semua pelanggan anda menyadari nya apabila kontes yang anda buat merupakan tujuan dari promosi.

Mencari Pembeli Potensial

Meskipun sudah membuat kampanye sosial media, anda harus tetap mencari pembeli potensial. Ingat bahwa mencari pembeli akan sangat sulit apalagi jika produk anda kurang memiliki nilai. Anda benar-benar harus giat lagi untuk melanjutkan strategi pemasaran baju anak yang lainnya. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menemukan pembeli potensial.

  1. Bergabung dengan Grup Bisnis

Untuk menjangkau pembeli yang lebih besar dan bertarget, bergabunglah dengan grup bisnis. Gunakan Facebook anda untuk join dengan grup bisnis general dan yang lebih spesifik. Kedua nya ini perlu karena orang juga mencari suatu bisnis khusus di grup bisnis general. Jadilah anggota dari grup tersebut secara berkualitas. Ini memiliki maksud yaitu jangan hanya melakukan spam produk anda saja. Anda juga perlu untuk membangun hubungan baik dengan anggota lainnya.

  1. Mengikuti Pameran

Selain dari sosial media, anda juga bisa mengaplikasikan strategi pemasaran baju anak dengan cara mengikuti pameran. Anda pasti pernah menjumpai pameran atau bazar di dalam mall entah itu mobil, furniture, atau pakaian. Nah, ini adalah ide yang tepat untuk memperkenalkan produk anda ke calon pembeli. Anda harus up to date dengan even-event yang akan dilaksanakan di kota anda terutama yang berhubungan dengan fashion. Strategi ini sangat membantu anda untuk belajar dari pembeli secara langsung. Anda bisa melakukan interaksi langsung dengan para pengunjung pameran. Bahkan anda juga bisa meminta saran kepada mereka tentang produk anda.

Setelah memahami bagaimana memasarkan baju anak, anda tak perlu lagi takut untuk mengembangkan bisnis. Tetaplah pada rencana strategi yang sudah anda rencanakan agar tujuan yang ingin dicapai bisa terwujud.