Tips Mencuci Pakaian Bayi untuk Para Orang Tua

Pakaian bayi semakin hari semakin berkembang di dunia fashion. Tak khayal jika banyak pilihan model dan warna yang tidak kalah dengan busana orang dewasa. Namun banyak orang yang masih belum aware dengan cara mencuci pakaian buah hari mereka. Meskipun kita membeli produk dalam kondisi tersegel rapi, tetapi kita tidak tahu apakah pakaian tersebut benar-benar bersih atau tidak. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui tips mencuci pakaian bayi.

Cari Produk Deterjen dengan Formula Khusus

Pemilihan deterjen menjadi sangat krusial ketika kita membahas baby wear. Walau tidak ada keharusan untuk membeli produk deterjen yang khusus, tetapi mencegah lebih baik daripada mengobati. Carilah produk deterjen dengan formula khusus jika anak anda memang memiliki kulit yang sensitive. Ada baiknya jika anda menghindari produk yang mengandung zat kimia seperti pewangi dan pelembut.

Mencuci dengan Cara Terpisah

Dalam mencuci pakaian bayi, jangan sampai mencampurnya dengan pakaian dewasa ya. Lebih baik cuci dengan cara terpisah untuk menghindari penyakit kulit yang menular dari anggota keluarga. Tak hanya sampai disini saja, anda masih perlu untuk memilah pakaian berdasarkan tingkat kotornya. Pisahkan yang tidak terlalu kotor dan yang sangat kotor untuk mencegah noda yang menempel.

Teknik Mencuci Berdasarkan pada Bahan dari Pakaian Bayi

Karena ada banyak variasi jenis bahan dari pakaian bayi, anda perlu tahu bagaimana mencucinya. Seperti yang kita tahu, ada beberapa macam bahan dari grade biasa hingga kaos bayi premium. Jika anda memiliki pakaian berbahan tebal atau sangat halus, lebih baik dicuci secara manual. Sedangkan pakaian yang terkena noda bisa direndam menggunakan air hangat terlebih dahulu selama 10-15 menit.

Pastikan Sisa dari Deterjen Hilang

Yang terpenting lagi tentang bagaimana mencuci pakaian buah hati adalah pastikan sisa deterjennya hilang. Bilaslah pakaian dua kali hingga tiga kali dengan air bersih. Cara ini akan membawa sisa-sisa dari deterjen sekaligus kotoran melalui air. Setelah itu, jemur pakaian di tempat yang benar-benar terkena sinar matahari.