Tips Menjalankan Bisnis Baju Anak Online

Bagi sebagian orang, membangun bisnis mungkin terlihat lebih menyenangkan dibandingkan bekerja di korporasi. Kita bisa menentukan usaha apa yang sesuai dengan passion atau sekedar ingin mencoba. Bisnis baju anak online menjadi salah satu yang sedang marak di dunia fashion. Pasti anda sering melihat toko online yang menjual produk baju anak bersliweran di sosial media. Meskipun banyak sekali brand mulai dari yang berskala kecil hingga besar, masih ada peluang untuk menjual pakaian. Apalagi jika bisnis ini diperuntukan untuk anak, pastinya masih menjanjikan. Orang tua zaman sekarang sangat peduli dengan pakaian anak nya lho. Jika anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini, pastikam anda memperhatikan beberapa tips dibawah ini.

Melakukan Riset yang Tepat

Meskipun tujuan dari bisnis sudah jelas yaitu menggunakan cara online. Namun kita perlu untuk melakukan riset terlebih dahulu. Kegiatan ini akan sangat bermanfaat untuk membantu anda agar tetap berada di garis merah bisnis baju anak online yang anda geluti. Riset ini harus dilakukan secara tepat karena akan berhubungan dengan strategi yang anda gunakan kedepannya. Ibaratnya riset ini adalah pedoman yang menuntun anda supaya tidak mengawang-awang atau yang lebih parahnya keluar dari rencana.

  1. Memahami Kebutuhan Pasar

Karena bisnis pakaian sudah merajalela di setiap kota, anda perlu untuk memahami kebutuhan pasar. Sangat perlu menjadi realistis untuk mendatangkan hasil yang jelas. Ketahui bahwa ada produk pakaian anak yang memang menjadi kebutuhan dan ada pula yang menjadi alternatif. Entah anda memfokuskan diri ke penjualan kaos, kemeja atau jaket. Pastikan bahwa anda tahu pasar yang disasar.

  1. Daya Beli Konsumen

Mengetahui daya beli konsumen juga penting dalam menjalankan bisnis kaos online anak. Karena tidak semua pembeli berasal dari tingkatan yang sama, sangat perlu untuk realistis dengan keadaan. Anggap anda sebagai pembeli dari produk yang anda jual, apakah harga yang anda pilih masuk akal atau tidak.

  1. Tren yang Sedang Berkembang

Memahami tren yang sedang berkembang menjadi aspek penting lainnya untul menuntun anda pada target yang tepat. Ini akan berhubungan dengan ide-ide yang muncul di kepala anda. Meskipun mengikuti tren saat ini tidak selalu membuahkan hasil yang stabil, namun jangan juga menjual produk yang out of date. Zaman sekarang pilihan pakaian anak sudah sama kerennya lho dengan pakaian orang dewasa. Jangan sampai memilih model yang ketinggalan zaman ya. Rekrutlah orang untuk mengerjakan desain dari pakaian apabila anda merasa tidak memiliki passion dalam dunia fashion.

  1. Analisa Harga Produk dari Kompetitor di Bidang yang Sama

Setelah sebelumnya kita mengamati daya beli konsumen, kita perlu untuk menganalisa harga produk. Bagi pemula, mungkin cukup sulit untuk menentukan harga yang tepat dalam bisnis baju anak online. Namun masih ada solusinya yaitu menganalisa harga produk dari kompetitor di bidang yang sama.

Memperhatikan Lokasi Toko/Lapak

Sebelum menjualnya produk baju anak melalui sosial media maupun e-commerce, penting untuk memperhatikan lokasi toko. Bisnis baju anak online anda juga perlu untuk dikenal di dunia nyata. Oleh karena itu, pikirkan juga dimana lokasi nya dan beberapa aspek di bawah ini.

  1. Alamat yang Jelas

Sebagai tempat anda menjual pakaian anak, lokasi toko pastinya harus jelas. Arti jelas disini memiliki maksud yaitu tidak tersembunyi. Walaupun sasaran bisnis melalui online, pastikan bahwa lokasi toko anda dapat dilihat/dikunjungi orang. Tulislah alamat yang jelas di e-commerce untuk meningkatkan kredibilitas toko online anda. Untuk memaksimalkannya, lengkapi bisnis anda dengan Google My Business untuk detail alamat yang jelas dan mudah dicari.

  1. Jangkauan untuk Kurir

Lokasi toko juga berhubungan dengan jangkauan kurir. Amatilah apakah lokasi yang anda pilih terlalu sulit untuk diakses atau tidak. Yap, kita semua memiliki kesempatan yang sama untuk menjalankan bisnis. Namun jika lokasi nya masih sangat sulit untuk dijangkau, anda perlu untuk memikirkannya dua kali. Hal ini akan mempengaruhi total ongkos kirim pengantaran barang yang sangat mahal.

Menggunakan Bahan Baju yang Berkualitas

Setelah menentukan lokasi toko, anda perlu untuk fokus ke bahan baju yang digunakan. Tentunya ini berhubungan dengan kualitas produk anda. Meskipun tidak semua orang mampu membeli pakaian yang mahal, namun semua orang menyukai produk yang berkualitas.

  1. Observasi Jenis-jenis Bahan

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah observasi jenis-jenis bahan pakaian. Banyak sekali pilihan jenis bahan yang bisa anda pilih untuk bisnis baju anak online. Bukan sampai disini saja, anda juga harus tahu apakah bahan tersebut cocok untuk cuaca tertentu. Namun apabila anda ingin pakaian anak bisa dikenakan diberbagai cuaca, tentukan juga bahan yang tepat.

  1. Menawarkan Nilai Lebih

Ditengah persaingan yang ketat di dunia bisnis pakaian, kita perlu untuk berinovasi. Dari segi bahan, pilihlah bahan yang memiliki banyak unggulan seperti katun bambu. Bahan yang satu ini menawarkan beberapa nilai lebih seperti anti bakteri dan sejuk ketika dipakai. Tentunya ini menjadi nilai plus dari produk anda yang memiliki peluang untuk dilirik pembeli. Selain itu, optimalkan dengan desain pakaian yang berbeda dari kebanyakan brand pakaian diluar sana.

Memberikan Pelayanan yang Baik

Pelayanan yang baik juga termasuk ke dalam strategi kita untuk mendapatkan repeat order. Meskipun sudah menerapkan langkah-langkah sebelumnya, berikan juga pelayanan yang baik. Pembeli adalah raja memang benar adanya. Kita harus tahu bagaimana membuat mereka mengenal kita lebih dekat agar mereka nyaman ketika membeli.

  1. Merespon Calon Pembeli dengan Segera

Fast response menjadi aspek pertama yang dapat membuat pembeli senang dengan toko anda. Pasti jengkel kan apabila ingin memesan baju namun admin toko sangat slow respon. Nah, untuk menghindari terjadinya miskomunikasi antara anda dan pembeli, buatlah informasi tentang jam kerja dengan jelas. Ini sangat bermanfaat untuk membuat pembeli aware dengan kapan waktu mereka harus memesan atau sedekar bertanya.

  1. Terbuka dengan Pembeli atas Barang yang Tidak Tersedia

Keterbukaan atau kejujuran dari penjual sangat penting untuk kelangsungan bisnis baju anak online. Meskipun beberapa e-commerce memiliki kredibilitas tinggi, terkadang masih menemukan toko yang tidak jujur dengan pembeli. Sebagai contoh, di deskripsi baju yang anda pilih tertera keterangan warna yang tersedia saat anda akan checkout. Pembeli sudah yakin dengan warna yang dipilih, namun ternyata berbeda disaat baju yang anda beli sampai. Hal seperti ini perlu untuk anda hindari apabila tidak ingin kehilangan kepercayaan dari para pembeli.

Capai goals dari bisnis anda dengan mengaplikasikan tips diatas. Menjalankan bisnis baju anak online bukan hanya sekedar berani saja, anda juga harus tahu bagaimana strateginya. Jangan sampai salah melangkah ya karena kerja keras yang tidak dibarengi dengan konsep yang jelas akan tidak mendatangkan hasil yang maksimal.